Sayurbox PHK Pegawai Lagi Jelang Lebaran, Ini Pemiliknya

Amanda Cole CEO Sayurbox (Ist Youtube/wellspaces group)

Sayurbox lagi-lagi melakukan PHK karyawan. Kali ini dilakukan menjelang Lebaran dan tidak disebutkan berapa jumlah yang terdampak.

Ini bukan kali pertama startup sayur-buah itu melakukan pemutusan hubungan kerja. Pada akhir tahun lalu mereka juga melakukan hal yang sama dengan 5% dari total karyawan yang terdampak.

Lalu siapa sebenarnya orang-orang di balik Sayurbox?

Adalah Amanda Susanti, Co-Founder sekaligus CEO Sayurbox yang merupakan lulusan program Manajemen di University of Manchester, Inggris.

Amanda memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan aplikasi Sayurbox pada 2017 lalu.

Alasan perempuan 32 tahun itu ingin membuat Sayurbox agar petani bisa menikmati harga lebih adil, juga pelanggan bisa menerima produk dengan kualitas terbaik.

Lewat Sayurbox, Amanda memenangkan kompetisi startup Seedstars Jakarta. Ia juga masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2019, kategori Industri, Manufaktur & Energi

Ada banyak nama investor top di balik Sayurbox. Sebut saja Northstar dan Alpha JWC Ventures.

Maret tahun lalu, Sayurbox menerima pendanaan Seri C senilai lebih dari US$120 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

Pendanaan kala itu dipimpin oleh Northstar dan Alpha JWC Ventures, dengan partisipasi dari International Finance Corporation (IFC).

Investor Sayurbox sebelumnya, yakni Astra, Syngenta Group Ventures, serta Global Brain, dan beberapa investor lainnya juga turut berpartisipasi dalam pendanaan ini.

Pendanaan Seri C ini didapat kurang dari setahun setelah pendanaan Seri B senilai US$ 15 juta (Rp 216 miliar) yang dipimpin oleh Astra.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*