Penampakan Jalur Kereta Cepat Underwater Pertama di India

Jalur kereta metro Kolkata melewati terowongan bawah Sungai Hooghly di timur laut kota, dengan terowongan 32 meter (105 kaki) di bawah air. (Dok. indianrailways)

– Proyek pembangunan jalur kereta cepat bawah air pertama di India telah rampung. Uji coba perdana melalui terowongan metro bawah air pertama di India pun dilakukan, Rabu (12/4/2023).

Mengutip CNN Internasional, jalur terbaru metro Kolkata akan dibuka untuk umum pada bulan November dengan melewati bawah Sungai Hooghly di timur laut kota, dengan terowongan sepanjang 32 meter di bawah air.

“Ini adalah momen bersejarah bagi Kereta Api Metro. Ini adalah langkah revolusioner dalam menyediakan sistem transportasi modern bagi masyarakat Kolkata dan sekitarnya,” kata Kausik Mitra, kepala humas sistem metro Kolkata, dalam sebuah pernyataan.

Jalur ini akan menghubungkan stasiun metro Howrah Maidan yang akan segera dibuka dan stasiun Esplanade di seberang sungai, yang berjarak 520 meter, hanya dalam 45 detik. Setelah dibuka, Howrah Maidan akan menjadi stasiun metro terdalam di India.

Untuk memberkati terowongan dan kereta baru, petugas melakukan puja, atau ritual agama Hindu. Ritual ini ditujukan untuk membawa keberuntungan setelah kereta berhenti di stasiun di Howrah Maidan.

Bunga saffron pun ditaburkan di sekitar kompartemen kondektur di dalam kereta, dan seorang pekerja memecahkan kelapa di tengah sorak sorai dan tepuk tangan rekan-rekannya.

Jalur metro melalui Howrah Maidan terbentang sepanjang 4,8 km. Kolkata sendiri merupakan kota pertama di India yang memiliki sistem metro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*